Jalan-Jalan Yuks!

Jalan-jalan Seru Menjelajah Pesona Alam Indonesia

Sunday, September 6, 2015

Taman Buah Mekarsari : Wisata edukasi yang murah dan menyenangkan

Galau nih pengen ajak anak-anak kemana. Kebetulan sekolahnya Atikah di Setu-Bekasi, jadinya deket ke Go Wet Grand Wisata, Water Kingdom Mekarsari sama Taman Buah Mekarsari (TBM). Di musim kemarau yang panasnya lagi puolll begini memang enaknya sih ke wisata air. Ngadem berendem kayak kudanil :D Tapi TBM juga punya nilai edukasi yang lebih baik menurut saya ketimbang dua pilihan lain. Selain itu harga tiketnya juga lebih murah heee.. Dan akhirnya memang kita sepakat untuk meluncur ke Taman Buah Mekarsari.

Gerbang masuk Taman Buah Mekarsari
Gerbang masuk Taman Buah Mekarsari
Hasil browsing-browsing di internet salah satu alasan yang bikin males orang-orang datang ke Taman Buah Mekarsari adalah jalannya yang rusak dan berlubang. Tapi pas kemaren saya kesana, jalannya sudah bagus kok.. yaa ada lah gelombang-gelombang dikit. Wajar lah, lagian kan life is never flat :p #hammer. Dan kita pun meluncur ke TKP dengan sedikit goncangan :)

Ngeksis dulu didepan monumen peresmian Taman Buah Mekarsari
Ngeksis dulu didepan monumen peresmian Taman Buah Mekarsari
Masuk ke pelataran parkir yang terlihat cuma ada beberapa mobil disitu. Kayaknya TBM lagi sepi pengunjung. Kita ambil posisi yang adem soalnya mau makan dulu, selain memang sudah waktunya jam makan siang, khawatir juga kalau-kalau nggak boleh bawa makanan ke dalam. Eh pas selesai makan, kita tanya ke petugas parkir ternyata boleh tuh bawa makanan ke dalam. So, yang mau bawa bekal makanan silahkan. Dan memang menurut saya enakan makan didalam sih.

Kita sudah berdiri di depan loket pembelian tiket. Berdasarkan informasi dari si mbaknya, katanya tiket masuk ke Taman Buah Mekarsari Rp 25.000 per orang. Mau anak kecil, atau dewasa, harga sama aja. Itu tiket masuknya aja, kalau mau masuk wahananya ada biaya lagi. Ada juga tiket paket yang harganya lebih mahal. Jadi dia sudah sepaket dengan tiket masuk beberapa wahana. Kalau mau tiket terusan kalau nggak salah harganya jadi 105.000 per orang. Setelah tanya-tanya sama si mbaknya, akhirnya dia nyaranin kita untuk beli yang 25.000, nanti untuk masuk wahana bayar lagi aja. Soalnya dia ngeliat kita nanyanya kayak yang bingung, ini wahana apa, itu wahana apa hehehehe.. Liat dulu aja wahananya, kalau tertarik tinggal bayar, kalau nggak ya berarti kan kita nggak usah bayar. Memang sih jatuhnya bisa jadi lebih hemat. Ya wis, kita ambil yang 25.000 aja deh mbak ..

Berkeliling Taman Buah Mekarsari naik kereta keliling

OTW keliling Taman Buah Mekarsari, tujuan akhir danau
OTW keliling Taman Buah Mekarsari, tujuan akhir danau
Masuk ke dalam area Taman Buah Mekarsari kita disambut dengan kalimat 'Selamat Datang' dalam beragam bahasa. Nggak jauh dari gerbang masuk, ada loby utama. Didalamnya ada information center buat kita yang kepingin dapat info lebih lengkap seputar TBM. Disini juga kita bisa beli tiket kereta keliling seharga 10.000 per orang. Di sudut kiri loby ada dinding informasi seputar produk TBM dan diseberang loby utama ada 'terminal' kereta keliling.

Tentang kereta keliling ini sebenarnya adalah mobil yang dimodifikasi jadi kayak kereta. Fungsinya ya untuk anter pengunjung Taman Buah Mekarsari keliling lokasi. Mengingat luas TBM 264 hektar, jelas nggak mungkin dong kamu keliling jalan kaki. Tapi kalau kuat sih silahkan aja.. Nggak ada yang larang ko :D Dengan sarana inilah kita bisa lihat kebun belimbing, mangga, jambu, durian, melon, dan berakhir di danau. Sarana transportasi lainnya bisa pakai sepeda. Disini juga disediakan penyewaan sepeda. Cocok banget kalau masih pagi sekalian olahraga. Kalau siang panas begini, haduhh kayaknya mending naik kereta keliling aja deh.

Kidz Fun Valley Taman Buah Mekarsari

Saya sudah ngantongin tiket kereta keliling, sebelum naik kereta, saya mau mampir dulu ke Kidz Fun Valley tempat bermain anak-anak. Disini juga berdiri menjulang menara pengawas. Kalau yang mau liat Taman Buah Mekarsari dari ketinggian bisa naik keatas. Disediain lift kok, cuma pas saya kesana kayaknya liftnya lagi mati deh. Kalau mesti naik tangga, heee..nggak deh makasih, kecuali ada yang mau gendongin :p

Salah satu wahana di Kidz Fun Valley Taman Buah Mekarsari
Salah satu wahana di Kidz Fun Valley Taman Buah Mekarsari
Di Kidz Fun Valley ada banyak wahana untuk anak-anak. Ada beragam jenis kereta-keretaan, monorail, ATV, sampe berkuda juga ada. Berhubung anak saya masih usia 3 sama 7 tahun, ya mainannya paling kereta-keretaan aja :D Harga tiketnya 6.000 per anak per wahana. Kecuali untuk wahana tertentu kayak bomb-bomb car, ATV dan berkuda ada biaya berbeda. Ada wahana yang bisa dipakai berdua untuk 1 tiketnya. Pas saya datang pengunjung lagi sepi, jadi sama petugasnya dikasih bonus hihihi.. makasih ya mas ;)

Menurut saya Kidz Fun Valley ini cukup lengkap dan menyenangkan buat anak-anak. Cuma masukan saya untuk managemen Taman Buah Mekarsari, ditambah lagi wahananya, sama dikurangin dong harga tiket bermainnya #halah masukan yang basi banget yaa :p
Mau tau sop buah seger di Bogor? Yuk kunjungin lapaknya sop buah pak Ewok

Taman Buah Mekarsari di Musim Panas Menyengat

Selesai main, kita langsung menuju ke 'terminal' kereta keliling dan langsung ambil posisi paling wuenakk. Secara 1 mobil itu sudah berasa punya sendiri, nggak ada lagi yang naik selain kita :D Kereta pun meluncur pelan. Menurut pusat informasi yang di Lobby depan, untuk tiket kereta seharga 10.000 itu cuma tiket dengan rute Terminal kereta keliling-Danau, pulang pergi. Jadi kita cuma bisa ngeliat taman buah dari kereta yang sambil berjalan pelan. Nah kalau mau turun ke taman buah plus icip-icip buahnya harga tiketnya 55.000 per orang.

Ada beberapa kebun buah yang lagi berbuah kayak jambu bol jamaika sama mangga. Di musim panas begini pohon-pohon di taman buah mekarsari masih keliatan segar bugar soalnya rutin disiram. Sampai rumput-rumputnya aja masih tumbuh hijau. Kalau di depan rumah saya sudah pada coklat mengering.

Danau Taman Buah Mekarsari

Wahana air Boat Bike. Favoritnya anak-anak
Wahana air Boat Bike. Favoritnya anak-anak. Yuk gowes mang!
Nggak nyampe 15 menit kita naik kereta keliling dan sekarang kita sudah sampe di tujuan akhir, danau Taman Buah Mekarsari. Disini ada wahana outbond, wahana air kayak banana boat, perahu naga, boat bike, dan lain-lain. Ada juga resto, sama stan-stan kayak es krim, snack dan oleh-oleh khas Taman Buah Mekarsari. Suasananya adem sejuk, pas banget ngegelar tiker buat makan siang. Berhubung kita sudah makan siang, jadi langsung aja naik boat bike sama anak-anak. Yang mau gelaran disini tapi nggak bawa tikernya, tenang aja ada yang nyewain tiker kok.

Banyak banget wahana yang nggak kita masukin. Selain memang waktunya yang terbatas, sebagian wahana tersebut kurang cocok untuk anak-anak saya yang masih usia 3 dan 7 tahun. Jam 15.00 kita sudah bersiap menunggu jemputan kereta keliling. Hari ini lumayan melelahkan tapi sangat menyenangkan. Terima kasih Taman Buah Mekarsari. Lain kali pasti kita berkunjung lagi.

Rute Menuju Taman Buah Mekarsari

Minat mau ke Taman Buah Mekarsari juga? Insya Allah nggak nyesel deh. Rutenya sih memang agak jauh dari pusat kota dengan iklim yang terbilang panas dan berdebu. Kalau dari arah Jakarta atau Bogor, dari tol jagorawi keluar pintu tol cibubur lanjut ke arah Cileungsi atau jonggol. Pokoknya jalan terus aja sampai nanti masuk di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol. Nah alamat TBM itu di Jalan Raya Cileungsi - Jonggol KM.3 atau nggak jauh dari pasar Cileungsi.

Tips Wisata ke Taman Buah Mekarsari

Berdasarkan pengalaman, ada beberapa tips supaya kunjungan kamu sekeluarga ke Taman Buah Mekarsari lebih hemat dan menyenangkan ;
  • Kalau kamu baru pertama kali datang ke Taman Buah Mekarsari, juga dengan budget terbatas, akan lebih bijak kalau beli tiket Masuk aja dulu. Nanti kalau mau masuk wahana bisa bayar lagi. Kecuali kamu punya budget gede dan sudah tekad mau nyoba semua wahana ya cocoknya beli tiket terusan aja sekalian
  • Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya. Harga makanan dan minuman didalam lebih tinggi dari harga standar umum. Saya beli minuman yang kalau Indomart paling cuma habis 15.000 perak, didalam bisa rogoh kocek 25.000. 
  • Jika perlu dan nggak ngerepotin, bisa juga bawa tiker lipat (bukan yang gulung yaa..)
  • Mintalah peta wahana Taman Buah Mekarsari di lobi pembelian tiket. Biar didalam nggak cuma clingak-clinguk doang :D
  • Oya Taman Buah Mekarsari buka mulai dari jam 9 pagi sampai jam setengah 5 sore. Buat kamu yang niat bener-bener mau jelajahin TBM seluas 264 hektar ini, datangnya pagi-pagi biar misi kamu tercapai sempurna ;)
  • Jangan lupa bawa payung. Hujan - panas alat yang satu ini useful banget. Kita akan banyak beraktifitas diluar ruangan.
  • Kalau kondisi fit dan cuaca mendukung, menggunakan transportasi sepeda lebih pas buat kamu yang kepingin liat sampai ke sudutnya Taman Buah Mekarsari. 
Buat agan-sis yang mau berkunjung ke Taman Buah Mekarsari, saya saranin sih pas musim buah aja jadi enak bisa icip-icip macam-macam buah ;)

Back To Top