Jalan-Jalan Yuks!

Jalan-jalan Seru Menjelajah Pesona Alam Indonesia

Wednesday, August 5, 2015

Mau Jalan-Jalan Murah bin Hemat? Begini caranya

Jalan-jalan murah gerbang masuk komplek wisata Gn. bunder
Gerbang Masuk Komplek Wisata Curug Seribu Gunung Bunder
Kayaknya nggak ada deh orang yang nggak suka jalan-jalan murah. Itu tuh, travelling dengan low budget. Tapi dizaman yang serba mahal kayak sekarang ini. Menurut banyak orang, mungkin kita juga termasuk, hal tersebut seolah-olah cuma 'mimpi' aja. Padahal, bisa loh jalan-jalan with minimalis budget, Serius!! Malah bisa GRATISAN. “Ah yang bener?!! Mana ada yang gratisan zaman sekarang?!!” Hehehe..ada lah. Nih saya kasih tau caranya ya. Simak ya. Duduk yang manis, siapin kopi, kue-kue, sama kembang tujuh rupa (halah udah kayak mau melet orang aja..)

JJM alias Jalan-Jalan Murah bisa kita lakuin dengan trik berikut ;

Jalan-jalan murah itu ... ya milih lokasi wisata menarik yang deket-deket aja

Jalan jalan murah di lokasi wisata Gn. Bunder - Curug Ngumpet
Curug Ngumpet di Komplek Wisata Gn. Bunder
Misalnya kamu di Jakarta, ya nggak usah maksain jalan-jalan ke Australia, apalagi Zimbabwe, pasti mahal lah. Pilih yang deket kayak ke Kep.Seribu. Atau jalan-jalan jawa barat kayak ke Bogor yang banyak curugnya dengan biaya masuk yang murmer pisan. Misalnya destinasi wisata curug seribu Gunung bunder Bogor. Didalamnya ada banyak air terjun yang bisa kamu kunjungin, pemandian air panas, dan yang nggak kalah hebohnya, biaya masuknya yang ampun 'amit-amit' murahnya!! Terakhir saya masuk sana cuma 7500. Memang sih nanti di pintu curugnya ada biaya lagi tapi cuma kisaran 3000-4000 perak. Dan itu masih bisa dinego.. ;) Ini baru benar-benar 'jalan-jalan murah'!

Jalan-jalan murah itu ... ya milih transportasi yang murah meriah 

Ini juga bisa menghemat budget perjalanan kamu. Kayak kereta api itu transportasi publik yang murah banget. Saya dari Jakarta ke Bogor aja Cuma bayar 5.500 perak. Coba saya pakai taksi, apa nggak didepak sama supirnya kalau bayar segitu?!!

Pelajari rute perjalanan ke lokasi wisata

Kamu bisa browsing dulu di internet. Cari info rute termurah dan terdekat menuju lokasi. Atau bisa juga tanya-tanya ke teman yang udah pernah kesana.
Jalan jalan murah itu pakai transportasi yang harganya terjangkau
Salah satu transportasi publik yang murah meriah

WARNING! Jalan-jalan murah nggak akan terealisasi kecuali dengan bawa bekal dari rumah

Terserah deh mau dibilang kayak anak TK juga, yang penting irit. Perjalanan yang cuma sehari atau 2 hari doang bisa diterapin nih triknya. Kalau sekali makan aja perlu biaya 15.000, berarti kalau sehari 3 x makan, kamu bakal keluar kocek 45.000. 2 hari perjalanan jadi 90.000. Lumayan kan?! Apalagi biasanya jajanan makanan dilokasi wisata harganya ‘Bujug buneng’ mahalnya. Bisa-bisa pulang ‘ngesot’. Kalau begini kan jalan-jalan murah berubah jadi kayak jalan-jalan ke singapura. Cuma harus diperkirakan juga kali.. jangan bawa bekel kayak mau persiapan ngadepin "kiamat" aja, sampai menu serestoran diangkut.

Kecuali kalau kamu mau sekalian jalan-jalan jajan di Bogor, nggak apa-apa deh nggak bawa bekel juga.

Jalan-jalan murah itu .... Cari penginapan seaman, senyaman dan - yang penting- semuurrraaaaahhh mungkin

Kalau perjalanannya lebih dari 1 hari, berarti kan kamu butuh penginapan. Nah supaya irit, bisa pakai gaya “bolang” aja. Kamu bisa numpang tidur di warung yang ada di lokasi wisata. Warung 24jam biasanya ‘welcome’ kok. Mau nyaman sedikit? Bisa tidur dirumah warga sekitar, biasanya (dibeberapa tempat wisata) ada warga yang nyewain kamarnya buat wisatawan dengan harga ‘se-ikhlasnya’. Kalau sama keluarga nggak mungkin dong 'ngebolang', ya minimal cari motel-motel kelas melati. Paling harganya dikisaran 70.000 – 150.000 per malam. Kalo mau jalan-jalan murah pake 'banget', yang ngirit cenderung pelit, tidur aja di masjid. GRATIS. Cuma resikonya nanti dipindahin jin ke dalam bedug. Hehehe..just kidding.

Enaknya sih kalau rame-rame bisa sekalian nyewa vila sederhana yang bisa nampung puluhan orang. Jadi biayanya bisa 'urunan' dibagi rata.Kalau kita bisa istirahat nyaman, harga lebih mahal sedikit (daripada 'ngebolang') tentu nggak jadi masalah dong?
Banyak bawa bekal bertentangan dengan kaidah utama jalan jalan murah
Bawa bekal.. tapi seperlu dan secukupnya aja

Terakhir, jalan-jalan murah itu ... yaa kalau perginya rame-rame

Makin banyak yang ngikut makin murah. Perjalanan juga makin seru dan dari sisi keamanan lebih terjaga. Biaya-biaya tertentu bisa ditanggung bareng-bareng. Misalnya transport. Kalau kamu perginya lebih dari 10 orang, nyarter angkot mungkin bisa lebih menghemat ongkos. Terus beberapa lokasi wisata juga suka ngasih diskon biaya masuk untuk rombongan. Apalagi kalau perginya satu RW, bisa sekalian transmigrasi tuh :p

Itu trik jalan-jalan murah bin hemat, irit seiprit anti 'cepirit', tapi tetap menyenangkan. "Terus kalau yang GRATISAN nya gimana triknya?" Hohoho..ini yang paling seru. Untuk yang free ya kamu nggak usah ngarep bisa pergi jauh. Cukup ke pasar malam di sekitar tempat tinggal aja, kan nggak dipungut biaya masuk tuh. Itu kan juga namanya travelling a.k.a jalan-jalan murah. Hehehe..

Back To Top